GUA AMBURAEA

Standar

Obyek wisata merupakan salah satu obyek yang sangat menarik pehatian banyak orang khususnya wisatawan diseluruh dunia. Indonesia salah satu wilayah yang banyak menampung obyek-obyek wisata diberbagai tempat yang sangat menarik perhatian pengunjung baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Salah satu obyek wisata yang ada di Indonesia tepatnya disulawesi tenggara kabupaten muna desa Laiba mengandung obyek wisata yang sudah mulai dikenal secara nasional. Hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung dari berbagai istansi seperti Universitas Pandjajaran, Universitas Halu Oleo bahkan wisatawan mancanegara juga pernah berkunjung. Obyek wisat ini disebut GUA AMBURAEA.

Lokasi wisata ini dapat dijangkau dengan sangat mudah melalui transportasi laut yang cukup nyaman dari pelabuhan Nusantara kendari menuju pelabuhan Nusantara raha dan lokasi keberadaannya dapat ditempuh sekitar 65 menit dari pelabuhan Nusantara raha.

IMG_20151109_124227

Jalan menuju Gua Amburaea

IMG_20151109_110749        Jalan menuju Gua Amburaea sekitar 100 meter

  1. SEJARAH SINGKAT PENEMUAN GUA AMBURAEA

Obyek wisata gua ambuaraea pertam kali ditemukan oleh Bapak La Mpesa (Almr.) pada tahun 1957 dimana pada masa itu La Mpesa adalah orang pertama yang membuka lahan kebun disekitar gua amburaea yang sebelumnya tidak diketahui oleh seorangpun masyarakat yang mengetahui keberadaan gua tersebut.

Konon ceritanya penemuan gua amburaea ini tidaklah terjadi secara tiba-tiba atau kebetulan. Namun sebelumnya penemu gua telah mendapat hidayah dalam hal ini pentunjuk keberadaan gua melalui mimpi tidur. Penemu gua amburaea dalam hal ini La mpesa dalam mimpi tidurnya didatangi oleh seorang laki-laki yang memberikan informasi bahwa disekitar lahan kebun ini ada sebuh gua yang didalamnya terdapat sumber air bersih untuk bias digunakan untuk kebutuhan hari-hari. Namun awalnya penemu gua tidak menghiraukan informasi dalam mimpi tersebut. Di malam – malam berikutnya mimpi La mpesa kembali terjadi dan laki-laki yang datang lewat mimpi ini juga mengiformasikn bahwa dirinya adalah AMBURAEA, dia adalah salah satu kelompok manusia yang hidup didalam gua pada zaman dahulu kala. Mereka tinggal di dalam gua di karenakan untuk mnghindari ancaman bitang buas yang berkeliaran didarat. Sehingga La Mpesa memberi nama gua tersebut GUA AMBURAEA yang kita kenal sampai sekarang ini. Kisah ini dikutip dari Bapak La Hadia yang merupakan anak kandung La Mpesa.

 

  1. KEUNIKAN OBYEK WISATA GUA AMBURAEA

Gua amburaea salah satu obyek wisata yang unik di desa laiba hal dikarenakan terdapatnya beberapa jenis batu dengan tekstur unik seperti model kuda, model kubah mesjid dll. Disamping itu pula terdapat jenis batuan yang bisa digunakan sebagai alat musik tradisional dan bahkan terdapat pula jenis batu seperti Kristal dan masih banyak lagi keunikan lainya. Selain banyak memiliki keunikan di dalam gua, penulis mengasumsikan bahwa gua amburaea ini merupakan gua yang terpanjang di dunia sebab belum ada pihak yang mampu menelusuri secara keseluruhan ruang-ruang gau. Sejauh ini hanya 26 ruang yang pernah dijelajahi oleh beberapa pengunjung dan masih banyak lagi ruang-ruang yang belum di jelajahi. Namun ungkapan penulis tersebut belum ada survey yang dapat membuktikan secara pasti. berikut dokumentasi keindahan gua Amburaea di lokasi desa kami.

Dokumentasi Gua Amburaea

Mulut Gua Amburaea

IMG_20151109_114200  IMG_20151109_114910  IMG_20151109_112144

Kenampakan dalam Gua Amburaea

Jika berminat untuk datang ke lokasi wisata Gua Amburaea dan berencana menginap, kami menyiapkan homestay yang merupakan rumah khas desa Laiba yang tentunya akan menambah kesan selama berada di desa Laiba

Photo0320

Homestay khas desa Laiba

Para  traveller yang ingin berkunjung ke Gua Amburea bisa menghubungi saya:

Gamsir

No Hp: 085398489595

Tinggalkan komentar